Pivot Points

Kali ini kita akan membahas pivot points. Pivot Points merupakan teknik yang menggunakan high, low dan close dari bar sebelumnya, sangat bermanfaat untuk menentukan support dan resistance bar saat ini. Dia tidak tergolong indikator, namun masih dibilang sebagai cabang analisa teknikal karena sama-sama mengambil keputusan berdasarkan proyeksi masa lalu. Perhatikan rumus berikut ini:

Pivot point = (H + L + C + O)/4

R1 = (2 x P) - L
R2 = P + (H - L)
S1 = (2 x P) - H
S2 = P - (H - L)

Rumus diatas adalah rumus dalam perhitungan Support Ressistance dengan menggunakan pivot points. Dimana:

P = Pivot Points
H = High
L = Low
C = Close
O = Open
R = Resistance
S = Support

Daily pivot points bermanfaat untuk swing trading yang suka menahan posisi dalam waktu yang lama, sedangkan 4 Hours pivot points sangat berguna untuk intraday trading. Sementara itu, Hourly pivots dapat digunakan untuk menentukan entry/exit point dalam hari tersebut.

Daily pivots dihitung dari high, low dan close hari sebelumnya yang berakhir pada 21pm GMT atau jam 4am WIB. 4 Hours pivots dihitung dari bar 4 Hours. Hourly pivots dihitung dari hourly bar sebelumnya. Untuk melihat data waktu yang telah berlalu, bisa dengan menekan tombol F2, kemudian pilih pair yang anda inginkan beserta waktunya. Berikut gambarnya:


Kegunaan dari Pivot point
Bila harga mendekati titik Support, kemungkinan harga akan berbalik kembali ke atas atau jika trend turun terlalu kuat, maka harga justru akan menembusnya dan trend turun akan semakin kuat.

Jika harga mendekati titik ressistance maka harga akan kembali bergerak turun menjauhi titik resistance, namun jika trend naik terlalu kuat (biasanya karena isu fundamental) maka harga akan tembus titik ressistance untuk kemudian naik lebih jauh lagi.

2 komentar:

wah tulisan yang bagus om..

saya seorang trader di armada markets , sering menganalisa pergerakkan dari pivot point dan support resistan. dengan adanya tulisan ini menambah perbendaharaan ilmu saya nih

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

Panduan Forex Dasar © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu